Inilah Bukti Bahasa Arab Lebih Kaya Kosa Kata Dibanding Bahasa Inggris dan Prancis

Di antara hal yang membuktikan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sangat luas yaitu bahasa Arab memiliki lebih dua belas juta tiga ratus lima ribu empat ratus dua belas (12.305.412) bentuk kalimat.

Bahasa ini juga memiliki kurang lebih enam juta enam ratus sembilan puluh sembilan ribu empat ratus (6.699.400) buah kata. Adapun bahasa Inggris hanya memiliki kurang lebih seratus ribu (100.000) buah kata dan bahasa Perancis memiliki dua puluh lima ribu (25.000) buah kata*.

Al-Imam Asy-Syafii berkata:

"Bahasa Arab adalah bahasa yang paling luas dan paling kaya dengan kosa kata."

Bukti lain yang menunjukkan betapa kaya dan luasnya bahasa Arab yaitu ditemukannya puluhan bahkan ratusan nama dalam bahasa Arab untuk satu benda atau seekor binatang tertentu.

Ibnu Faris ar-Razi berkata, “Di antara hal yang tidak mungkin dinukil seluruhnya adalah sinonim dari kata pedang, singa, tombak, dan kata yang sepadan. Telah diketahui bahwa bahasa ajam (non-Arab) tidak mengenal kata singa kecuali hanya satu saja. Adapun kita memiliki 150 nama untuk singa. Bahkan telah menyampaikan kepadaku Ahmad bin Muhammad bin Bundar bahwa dia mendengar Abu Abdillah bin Khalawaih berkata, ‘Aku telah mengumpulkan 500 nama untuk singa dan 200 nama untuk ular.”**

Al-Fairuz Abadi -pengarang al-Qâmûs al-Muhîth-- menulis sebuah buku yang menyebutkan nama-nama madu. Beliau menyebutkan dalam kitab tersebut lebih dari 80 nama untuk madu, dan menemukan minimal 1.000 nama untuk pedang. (pm)



Muhammad Sholich Mubarok
@paramuda 



*Al-Lughoh Al-Arabiyyah  At-Tahaddiyat wa Al-Muwajahah, halaman 14
 **[Ash-Shahibi fi Fiqhil Lughah al-Arabiyyah (hal. 21-22)]



http://www.takrim-alquran.org/program-sedekah-al-quran-untuk-kedua-orang-tua-2/

0 Response to "Inilah Bukti Bahasa Arab Lebih Kaya Kosa Kata Dibanding Bahasa Inggris dan Prancis"

Posting Komentar